Sabtu, 15 Mei 2010

Tips Jitu Bikin Warnet biar Rame Pengunjung


Jaman sekarang adalah jamanya Iternet, mulai dari anak kelas 1 SD ampe om-om n tante2 doyan yang namanya warnet, mulai dari orang dusun, kampungan ampe orang kota doyan juga ama yang namanya warnet, kondisi ini membuat sebagian orang yang jeli memanfaatkan kesempatan untuk meraih keuntungan dari sini. Itulah yang namanya orang kreatif. Tidak hanya sekedar jadi penonton tapi jadilah pemain.

Berikut akan saya kemukakan beberapa tips yang wajib diketahui bagi calon wirausahawan yang ingin membuka warnet, tapi sebelumnya sobat harus punya dulu yang namanya MOTIFASI

Motifasi diibaratkan adalah sebuah bahan baker sebuah kendaraan, jika bahan bakar itu telah habis maka kendaraan itu akan ngadat, begitu juga motifasi jika kita punya motifasi yang kuat maka keinginan kita untuk membuka warnet akan makin kuat.

Nah ini dia yang jadi pertanyaan gimana caranya motifasi itu bisa muncul dalam diri kita

Jawabanya gampang seklali.

  1. Perbanyak aja baca buku tentang wirausaha, tentang motifasi, dll. Ini sangat penting, selain menambah motifasi juga menambah pengetahuan.
  2. Sesering mungkin konsultasi sama yang lebih berpengalaman, dan yang terakhir
  3. Ciptakn dalam pikiran kita yang indah2 atau yang enak2 saja, contoh. Bayangkan jika watrnet anda sudah jadi, warnet anda sangat banyak dikunjungi orang, dan sangat ramai sekali. Sampai-sampai banyak yang ngantri…jangan memikirkan yang tidak2 misalnya warnet anda dirampok, omset menurun., pelanggan pada kabur.. ini yang ,membuat semangat anda akan down..

Nah berikut ini adalah tps dan trik biar warnet sobat laris dan terus dikunjungi pelanggan


1. Lokasi

Plihlah lokasi yang strategis:

Ciri-ciri lokasi yang strategis buat warnet adalah


a. dekat dengan sekolahan atau kampus, inilah lahan subur bagi pemilik warnet, terbukti sekali, disuatu kawasan didaerah jambi tempat GANGGA CYBER NET berdiri tidak jauh dari area kampus di sebuah complex. Satu komplek itu ada sekitar 12 warnet, waw bayangkan saja gimana ketatnya persaingan seperti itu. Tapi karena lokasi yang saya bilang tadi sangat subur mau tidak mau semua rame. Karena mahasiswa tidak sekedar ingin ngnet tapi internet merupakan kebutuhan mereka.


b. Jangan terlalu dekat dengan jalan raya.

Warnet yang lokasinya terlalu dekat dengan jalan raya akan sangat sulit dikunjungi pelanggan, karena ketiaka pelanggan sedang ngnet, mereka akan dihantui oleh rasa kekhawatiran akan nasip kendaraan mereka, apakah masih ada atau udah dicuri orang, walhasil pelanggan akan buru2 keluar dan besoknya tidak akan ngnet disitu lagi, cari tempat yang lebih aman.


c. Perbesar tempat parkir

Gimana orang mau ngnet kalo tempat parkirnya sempit banget. Apalagi mepet ama jalan. Mungkin orang yang trpaksa aja yang mau ngnet disitu.


d. Ini tips tambahan dan sudah terbukti. Jika sobat menemukan ada 2 ruko (yang mau disewakan/dijual) yang sama2 strategis, kbtulan salah satu ruko itu bersebelahan dengan rumah makan atau kafe atau pnjual bubur dll( intinya makanan/minuman) gak usah ragu2 lagi sob ambil aja tuh ruko, coz kdepanya bakal rame warnet lu..


2. Desain

Desain lumayan berpengaruh , sobat bias nyari desain tergantung pasar sobat, kalo misalnya sobat buat warnet deket kampus atau SMA coba deh usahakan desain warnet kamu segaul mungkin, tp jangan berelebihan ampe trkesan norak, yang sederhana aja.. yang pnting anak muda bisa tertarik. Sobat bisa memadukan warna2 seperti ijo, hitam, biru tua, merah ungu. Atau trgantung selera sobat, yang pnting enak aja diliat, asal jangan PINK aja, ntar warnet sobat trksan feminim, takutnya cowok rada tengsin masuk kalo warna warnet sobat pink.

Desain juga harus sesuai dengan tema warnet yang sobat bikin, misalnya tema warnet sobat tentang natural. Birarti warna ijo, putih, hitam, coklat bisa jadi alternative. Missal

Kabin warna ijo, sobat bisa kasih pinggir2nya warna putih atau hitam, terus alas nya cari karpet warna coklat, atau tergantung selera sobat deh..yang pnting jangan lepas dari tema awal


3. Kebersihan

Kebersihan ini pnting banget , jangan sampai lalai dengan hal yang satu ini. Coz kalo sampai sering banget warnet sobat kotor, walhasil warnet sobat bakal di cap jadi warnet jorok. Kan ironis bgt tuh.. tp mntang2 jaga kebersihan jangan larang orang mau merokok, sediain aja mereka asbak. Usahakan setelah orang keluar dari kabin (kotak tmpat ngnet) sobat bisa cek deh sp tau ada sampah atau bekas putung rokok, atau malah kondom, kan malu kalo ada orang laen yang mau masuk nemuin kondom di warnet sobat. Hihi…


4. Jangan terlalu beri pelangan kebebasan, misalnya pelanggan bebas ciuman, cipokan atau lebih, jk sobat menemukan hal2 yg kayak gt di warnet sobat, beri aja mereka peringatan, ntar kalo di biarin takutnya warnet sobat dicap sbg warnet mesum.. hihii gak banget geto loh..


5. sering-sering kasih diskon buat pelanggan

ini terbukti efektif untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

Contoh pelanggan sobat yang udah sering sobat kasih diskon akan mengajak temen mereka untuk ngnet di tempat sobat karena tawaran dapat diskon.


6. Sediain kulkas

Orang akan lebih senang ke warnet kalo warnet itu menyediakan minuman.. coz mereka gak perlu lg kewarung bli minuman, tp harus jeli ngawasin orang yang ngambil minuman, biasanya para pelanggan ketika membayar bareng dengan minuman yang mereka bli,, biasanya pemilik warnet saking percayanya nyuruh pelanggan nyebutin minuman apa aja yng di bli, mereka kan bisa ngasal kalo sobat gak jeli, ntar bukanya untung malah bangkrut.


8. Fasilitas

Gak papa korban uang 1jt atau 2 jt buat nglengkapin fasilitas spt ase/ kpas angin, earphone, webcame kl prlu, pkoknya selengkap mungkin.. jangan ada yang cacat.


9. Komunikatif dengan Pelanggan

Agar pelanggan betah ngenet ditempat sobat. Sering-sering lah ajak komunikasi, topic trserah sobat yang pnting nyambung. Bisa dilakukan ketika pas mereka bayar atau pas mereka datang, jangan sekali-kali ngajak ngobrol ketika mereka sedang asik online. Kita sok baik malah mengganggu doi terganggu. Dia akan risih dan ill feel denagn kita. Keramahan sobat juga jadi nilai plus, jangan cemberut terus ntar pelanggan takut.

Sori cuman segini tip yang bisa gue kasih, kalo sobat ada kritikan atau tambahan ya silahkan….

4 komentar:

  1. 1. MOTIFASI, yg bner tuh pake V... jdinya motivasi
    2. dekat dengan sekolahan atau kampus, inilah lahan subur bagi pemilik warnet, terbukti sekali, disuatu kawasan didaerah jambi tempat GANGGA CYBER NET berdiri tidak jauh dari area kampus di sebuah complex. hahaa contohnya maknyus bnget..
    3.Jangan terlalu dekat dengan jalan raya. mgkin lbh tepat "posisi wrnet jngn mepet nian dgn jalan raya. Cth: RS. Berkah d S. Rimbo
    4.Perbesar tempat parkir, gimana cara besarinnya? wong besar lahan kita mah sama...


    nah....

    BalasHapus
  2. thx for ur comment... iya contohnya maknyus bgt hahahaha...
    lebih maknyus kalo prima net..hehe..
    cara besarin gampang kok
    kalo di depan ruko sobat ada tanaman ato barang2 gak jelas sikat aja, buat jadiin parkir.. kan bisa tuh..makanya jgn milih yg trlalu dkt dgn jalan raya..

    BalasHapus
  3. Jiah d dapn aq emang bnyak tumbuhan2. coz sbgian dijual ama Tante tuh, kcuali aq bli tuh tanaman2 jdinya nampak lebar deh. hahaha

    Plingan loe mesti nmbhin jualan minuman /makanan juga lah muel.. lumyan gede tuh pemasukan dr makann/mnuman, kn itung2 kalo wrnet lgi sepi, tetep ad pmsukan dr mknanan...

    BalasHapus
  4. Very informative blog. Thanks and please keep them coming.
    Driver Download

    BalasHapus